Tuesday, December 14, 2010

Memonitoring Suhu Komputer dengan SpeedFan



Tau gak sih sebenernya performa suatu komputer atau komponen-komponen dalam CPU itu sebenernya sangat sensitif terhadap panas…

suhu yang terlalu tinggi menyebabkan performa proessing menjadi berat bahkan hang atau auto restart, dan parahnya lagi bisa merusak permanen komponen. suhu yang berlebih bisa disebabkan karena sistem pendingin CPU atau FAN tidak bekerja dengan optimum, hal ini mungkin terjadi bila sistem FAN sudah rusak karena umur atau ada kotoran yang harus dibersihkan..

SPEEDFAN adalah sebuah software berbasis windows yang berfungsi untuk melakukan monitoring suhu komponen2 komputer, komponen yang di monitoring meliputi cpu/core, hardisk / scsi disk dan keseluruhan, software kecil ini tergolong ringan dan tidak memberatkan kinerja komputer, dan bisa bekerja dalam modus process atau minimaze ke systemtray… hebatnya lagi software ringan ini memiliki fitur-fitur yang lumayan bagus dalam bidang monitoring dan setting hardware, bahkan setting bahasa pun ada bahasa indonesia dan berjalan  hampir disemua platform windows bahkan yang 64bit…

Jika Anda membutuhkan alat yang dapat mengubah kecepatan kipas komputer Anda, membaca suhu motherboard anda dan hard disk Anda, membaca tegangan dan kecepatan kipas dan memeriksa status dari hard disk Anda menggunakan SMART atau SCSI atribut, maka anda datang ke tempat yang tepat. SpeedFan bekerja di bawah Windows 9x, ME, NT, 2000, 2003, XP, Vista dan Windows 7. SpeedFan bekerja dengan baik pada 64 bit juga.

SpeedFan memungkinkan Anda untuk memiliki pandangan yang lebih dalam status komputer Anda. Hampir setiap komputer termasuk dukungan untuk hardware monitoring. Mengakses sensor suhu digital benar-benar berguna. Jika Anda mencoba untuk mencari tahu mengapa pc anda hang ketika berada di bawah beban berat atau setelah beberapa jam pemakaian, SpeedFan dapat membantu Anda untuk menemukan penyebab sebenarnya. Biasanya adalah power supply yang buruk, atau tidak dipasang heatsink. SpeedFan dapat mengekspos tegangan, kecepatan kipas dan suhu. Pada kesempatan langka, BIOS tidak mengaktifkan fitur tersebut. SpeedFan mencoba untuk mengaktifkan mereka selama ini adalah hal yang aman untuk dilakukan. Tidak hanya motherboard dicari, tetapi juga beberapa kartu video dan hampir setiap hard disk baru-baru ini. SpeedFan dapat mengakses info status dari EIDE, SATA dan bahkan drive SCSI, menunjukkan, secara konsisten, data internal yang dapat digunakan untuk mendiagnosa kegagalan saat ini dan masa depan hard disk. Hal ini dikenal sebagai S.M.A.R.T. (Self-Monitoring Pelaporan Analisis dan Teknologi). Pada tingkat terendah, SpeedFan adalah monitor perangkat keras perangkat lunak yang dapat mengakses sensor suhu digital, namun fitur utama adalah bahwa hal itu dapat mengontrol kecepatan kipas sesuai dengan suhu di dalam pc anda, sehingga mengurangi kebisingan. 
 



No comments:

Post a Comment